Nanowrimo.. it sounds javaish..

Nanowrimo itu apa sih? Nerima permen nano-nano maksudnya? Wakkaa.

Bukan, bukan itu yang dimaksud teman-teman.

Asli gw jg baru denger istilah ini kemarin malam. Jadinya kemarin pas cek email, gw baca email dari WP dan nyebut2 soal Nanowrimo itu. Sebenarnya singkatannya jauh lebih menarik buat gw daripada kepanjangannya. As my title said, it sounds so Javaish… LOL

Nanowrimo itu rupanya kependekan dari National Novel Writing Month..

OOOOOOOOOO…. *terdengar paduan suara dari kejauhan*

WHoaaa… buat orang-orang yang hobi nulis, baik yg amatiran maupun yg uda expert, event-event seperti ini pasti sangat menarik buat mereka. Salah satunya adalah Robby donk. Lo harus ikut by. Gw aja yang ga bisa nulis, ikutan. Wakkakakka… biar aja de, mungkin ini bisa jadi salah satu momentum agar gw bisa menghasilkan sebuah karya, meski kecil sekali kemungkinannya novel ini bisa dipublish. Hahhaha. Abisan dari dulu gw uda mencoba mau nulis novel, selalu berhenti di chapter 2 biasanya. Jiakkakak

Uda ga sabar? Langsung aja ke http://www.nanowrimo.org

Masih betah di blog gw? Ya uda dengerin sekilas info dari gw ya..

2 BIG reasons why you should join this event.

  1. Peserta dari Indonesia atau negara manapun yang tidak bisa menulis dalam berbahasa Inggris bisa berpartisipasi dengan bahasanya masing-masing, karena sudah ada regional-regionalnya… Cihuy kann.. Event international tapi pk bahasa Indonesia. Gw yang ga bisa nulis dalam bahasa inggris maupun indonesia aja berani ikutan akhirnya… hehe, pede dulu yang penting.
  1. Cerita lo ga bakal dipublish secara public… para peserta ga bisa saling membaca karya orang lain. Ketika kita mengupload cerita, yg dilihat hanyalah jumlah katanya… bukan kualitas ceritanya. So kita berlomba untuk mencapai 50,000 kata yg dari kata-kata beberapa orang ga segampang yang dikira.

Lah kok ada event menulis kaya gini sih? Bukannya kita harus saling sharing sehingga bisa menerima masukan dari writer-writer lain. Ooops.. event ini tujuannya adalah mengejar kuantitas, bukan kualitas. Lo ga perlu khawatir tentang cerita yang lo buat, pokoknya yang penting by the end on november, you’ll have a 50,000 word novel. Mau itu bagus apa jelek, cuma lo dan Tuhan yang tau.
So what’s the point?

Ya intinya event ini merangkul semua orang untuk menulis, kadang kita suka susah menulis karena terlalu banyak alasan. Sibuk lah, ga ada ide lah, lagi mandeg lah, dll. Dengan adanya deadline dan persyaratan yang ga neko-neko, kita didorong untuk menulis. Practice makes perfect right?

Remember, it’s all about quantity, not quality.

Yang paling penting adalah jumlah kata. Kalau bisa mencapai 50ribu kata sebelum akhir November, congratulation, you’re the winner.

Terus kalau winner dapet apaan donk? Dapet status winner di forum Nanowrimo 😀 Itu sesuatu banget loh (hadeuu, mulai de ketularan gaya-gaya ababil jaman sekarang.)

Mungkin bagi sebagian orang, masih ada yang ngeganjel de tentang event ini. Masa nulis tapi kualitasnya ga diperhatikan? Ya seperti yg gw sebutkan di atas, intinya menulis dulu, kl cuma di pikiran ga ada realisasinya ya buat apa? Siapa tau dari tulisan kita yang uda ancur-ancuran itu bisa tercipta sebuah mahakarya di kemudian hari dengan penyempurnaan sedikit demi sedikit.

Wah ternyata info gw ga sekilas ya… wakkakaka, i’m too excited!

Aturan mainnya bisa diliat di sini: http://www.nanowrimo.org/hownanoworks
Pastikan lo ga menyalahi aturan main. Misalnya, dengan mulai mencuri start dari sekarang. It’s all about quantity and spontanity, people!

“Begin procrastinating by reading through all the great advice and funny stories in the forums. Post some stories and questions of your own. Get excited. Get nervous. Try to rope someone else into doing this with you. Eat lots of chocolate and stockpile noveling rewards.”

That’s what I’m doing now and here.

Let’s jump on the bandwagon!

9 thoughts on “Nanowrimo.. it sounds javaish..

  1. Tuh kan tuh kan… lo uda gegap gempita gitu menyambut bulan November. Wakkakaka

    Tentu kita berdua bisa saling share cerita kita dooonk, hauhauhuahuahua. Mudah-mudahan menang yaa.. hoho

  2. Wakakaka,, biasanya kalo ada ajang2 nulis gini langsung semangat. Cuma biasanya anget2 t*i ayam doank. Kesnonya kadang mood bisa turun drastis. So, mudah2an kali ini bisa lanjar jaya sampai menuju puncak. Hahahahaha

    Semangkaaa!!!!

  3. pengin juga tau yang penting kuantitas bukan kualitas, tapi aku tetap tidak berani…
    saling follow aja ya? aku duluan, teman-teman yang lain juga ya…

  4. hi yisha, ayo jangan ragu-ragu. Kalah menang nothing to lose gitu loh, mungkin ini satu2nya kesempatan lo bisa menelorkan sebuah buku dalam waktu 1 bulan. hahhaha

    Postaweek itu event menulis blog juga, di klik aja bannernya untuk tau lebih lanjut.
    Jadi sesuai judulnya, kl ikutan postaweek, berarti kita berkomitmen thd diri sendiri seenggaknya menulis 1 entry per mingunya di 2011 ini..

    KEuntungannya? Tag postaweek itu sangat populer bagi pengguna wordpress, lo bisa dpt traffic dri tag itu. 🙂

    • aku udah klik, tapi english yang bertebaran bikin aku pusing, jadi aku nanya ke kamu aja,
      apakah nge post seminggu sekali musti di jadwal hari apa? musti cuma boleh seminggu sekali? apakah post kita bakal ke-post disana? post yang ada di sana , apakah dari anggota kaya kita? boleh ngga aku ngg ngeletakin banner? soalnya aku selalu gagal melakukannya…

      • Ya boleh2 aja… ini ga ada paksaan kok… kl seandainya ga bisa post setiap minggunya jg gapapa, gw juga gitu.

        Ada sekitar 1 bulan mungkin ga ngepost krn lagi lesu, hehehhe

        Harinya bebas… liat aj postingan gw, kadang sehari 2 post, kadang post hri senin, kadang jumat, bebas kok

        Postnya jg boleh2 aj berbahasa indo, tp ya orang indo aja nanti yg bisa baca. Kl menyertakan tag postaweek2011, psti muncul postnya di sana

Leave a Reply

