Stop your diet and change your lifestyle

Ehm… uda lama rasanya ga cuap-cuap dengan bahasa Indonesia. Jangan bilang gw sok English ya. Gw lagi belajar. Belajar itu butuh latihan. Kl cuma belajar tapi ga dipraktekin, mau belajar sampai dunia kiamat juga ga akan lancar. Kalau emang situ ga bisa bahasa Inggris, ga usah bilang saya sok-sok ng-English ya.

Loh.. belom apa-apa paragraf pertama uda sinis aja nih. Hehe.

Ceritanya, gw kan lagi aktif-aktifnya nih menjalankan program pengurangan lemak alias fat-loss. Nah, seperti layaknya kawula muda di era internet, pasti akan banyak riset dan bertapa dengan Google donk.

Interupsi! Gw kok merasa bahasa gw agak gimana ya… hmm… agak-agak alien gitu bahasanya. Maklumlah, kemampuan menulis gw udah menguap habis sejak berpuluh-puluh tahun silam. Oke, kita lanjut ya. 😀

Setelah melakukan pencarian dengan beribu-ribu keyword dan menyambangi berpuluh-puluh ribu website maupun forum baik yang di sana (di luar negeri maksudnya) dan yang di sini (Indonesia), gw menyadari bahwa meski baru meniti karir di dunia perdietan ini sekitar 2-3 bulan, gw bukanlah yang teramatir. LOL! Masih banyak orang-orang yang uda struggling untuk mengurangi berat badannya bertahun-tahun dan masih aja berada di jalan yang salah. Mereka terperangkap trend sesaat dan mitos-mitos ga jelas.

Saking banyaknya fenomena dan mitos di balik diet/penurunan berat badan/program kurus, gw jadi bingung akan memulai dari mana. Gw Cuma geleng-geleng dan ngikik aja ngeliat kebodohan-kebodohan yang gw baca.

Oke, meski gw bukan orang yang bias mengklasifikasikan sesuatu dengan tepat, tapi gw coba merangkum metode2 yang berkeliaran saat ini dari hasil pengamatan gw.

  • Diet dengan pill sakti. 

Oke, namanya aja uda sakti. Pil ini pasti bisa menurunkan berat badan kalian dalam waktu sekejap. Bukankah itu yg selalu dicari dan didambakan oleh dieters di luar sana? Siapa yg tidak ingin cepat langsing? Tapi yang anehnya, meski uda banyak kesaksian bahwa pil tersebut menimbulkan efek samping yang sangat sangat dan sangat tidak diinginkan, masih aja orang-orang bodoh itu mencoba berpikir positif terhadap pil laknat itu. Mereka berharap masih ada keajaiban di dunia yang sesak dengan realita ini. Masa enek ngeliat nasi/makanan dibilang suatu kemajuan? Emangnya kita ini robot apa ga perlu makanan? Sejak kapan orang sehat dan normal ga pengen menyantap apapun yang enak di depannya? Oh come on, logic please.

  • Diet dengan suntik/akupunktur/surgery

Well…. Ini terlihat setengah oke setengah tidak. Setengah oke karena mungkin dilakukan di bawah pengawasan orang-orang yang “berpengalaman” di bidangnya. Meski gw masih meyakini bahwa ini tetep punya efek samping. Dalam kategori ini termasuk di dalamnya liposuction, meso… (meso something, gw lupa), dll. Yang pasti, gw jamin, kl dia berhasil selamat melewati proses suntik2an atau di meja operasi, kl pola makannya masih sama, lifestylenya masih sama, dalam waktu singkat dia akan nimbun lemak lagi.

  • Diet dengan makanan/buah-buahan ajaib

Diet ini meyakini bahwa entah gimana caranya tubuh kita bisa disustain oleh dengan 1 jenis makanan. Diet apel, diet pisang, diet lemon, diet manggis, diet timun, diet durian, dan diet buah2an lainnya. Lol, diet yg gw sebutin barusan itu kidding, yang gw tau cuma diet lemon doank, di mana orang-orang itu cuma minum airlemon selama beberapa minggu dan ga makan apapun selain itu dan air putih. Dear God, rasanya gw ingin mentungin kepala orang-orang itu. Where the hell are their right minds??? Logic please… science please…..

  • Diet dengan diet expert/dokter

Ini kelihatan sehat dan mahal. Ya pasti mahal. Ke dokter mana ada yang murah sih. Gw ngakak aja pas baca di sebuah forum orang-orang sibuk nanyain,

“Dokter mana sih yang bagus untuk program weight loss?”

“Dokter A bagus loh, gw waktu itu liat artis B ke sono. Temen gw si C jg sukses ke sono turun 20 kg. Tapi emang sih mahal”

Gw memang ga tau persis apa yang dilakukan dokter dan expert tersebut terhadap pasien atau klien mereka, tapi kl intinya adalah dengan mengatur pola makan serta asupan nutrisinya dan dibarengi olahraga, well, itu uda bener. Kl uda ada tambahan suntik ini suntik itu atau treatment2 lainnya, gw uda ga percaya lagi. Itu cuma cara instan yang akan menguras kantong kita terus menerus.

Diet yang satu ini memang dianggap lebih aman, seenggaknya kl ada apa-apa kita bisa minta tanggung jawab ke dokter/expertnya, itu pun kl mereka mau tanggung jawab 😛

Tapi ketahuilah wahai orang-orang miskin (termasuk gw), selama masih punya badan sehat, ga penyakitan, mau diet sehat sempurna ala dokter itu ga harus mahal, ga harus ke dokter/dietician. It’s just wasting your money for something that you actually can do it by yourself. Kl uda penyakitan serius dan dianjurkan untuk nurunin berat badan, barulah saatnya kita menemui dokter-dokter  tersebut.

Gw rasa masih banyak diet-diet tidak logis lainnya yang belum terangkum di sini beserta efek samping jangka pendek/panjang yang belum diketahui.

Terus pasti yang baca blog gw mencibir… terus apa donk yang berhasil? Terus badan situ uda bagus emgnya?

Hmm… bagus itu relatif ya…tergantung siapa yang melihat. Yang pasti, proporsi tubuh uda lumayan pas, ga ada yang mencuat berlebihan seperti sebelumnya. Pake bikini pun uda berani rasanya. I won’t tell you my weight, it really doesn’t matter. I never weigh myself regularly. Sometimes I almost never put myself on a scale for a year. I just want to look good in the mirror, no matter what the scale says.

You may say, we are beautiful no matter what they say or no matter how much fat you have. That’s partly true. But inside your heart, you can’t hide the truth, physically, those fats make you look awful. You might think, “Why can’t I have a decent body that suits any kind of clothes?”

Just  honest to yourself.

Kunci dalam fatloss itu ada pada lifestyle. You can’t hope to be in shape for a long time while you treat your body like a garbage can. Jadikan lifestyle dan mudah-mudahan kita bisa sehat dan memiliki penampilan yang prima selalu.

Hehehhehe… Ya gw cuma bisa kasih keyword aja ya.

Motivation, self-control, and sanity

Nutrition

Exercise

Perinciannya silahkan cari sendiri. I didn’t learn it in a day or from someone else. I will still keep learning. Gw ga akan bisa menjabarkannya semua dalam 1 postingan. Gw baca banyak buku dan ratusan web page. Lagipula andaikan gw bisa merangkum semuanya, itu ga akan memberi efek apa-apa kl emg bukan niat dari yang bersangkutan untuk membawa perubahan dalam hidupnya.

Once it comes from your heart, nothing can stop you.

Good luck, dieters!

Advertisements

2 thoughts on “Stop your diet and change your lifestyle

    • Well it’s really hard to break your old habit, Jackie. You will feel life is too short to be spent this way, i mean limiting what you consume or how much you consume, forcing yourself to take some excercise regularly.. but I believe it will pay off .

      Have a great day too 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s