Elite Squad and Elite Squad 2

I think it’s been a long time since my last post here. It’s been two weeks I guess. Hahahha.

So, I have to admit that I spent my times playing The Sims 3, which was totally addicting at that time. I’m playing legacy challenge where I have to play it for 10 generations. I have to make sure the founder of the legacy survives with a very tight budget to start a life with. I played it for a couple of nights, just started my 2nd generation and now I’m bored.  I guess I will stop playing TS3 for a while. Boredom strikes!

The other nights when I didn’t play The Sims 3, I watched movies. Some of them are just standard, some are extraordinarily AWESOME. Now, I would like to recommend you to watch these two extraordinarily awesome movies. Elite Squad and Elite Squad 2. These are movies with breathtaking actions and intriguing plot. You won’t want to miss it.

The first movie was released in 2007 and it received the best movie award in Berlin International Film Festival. It’s outstanding. No doubt. The second movie was released in Oct 2010 and it becomes the highest box office of a local movie in Brazilian history. Which one is better? Both are genius and perfect.

According to Wikipedia, Elite Squad is a semi-fictional movie. It’s based on a book written by sociologist Luiz Eduardo Soares and two BOPE policemen, André Batista and Rodrigo Pimentel, Elite da Tropa. I was really impressed with the degree of reality in the two movies. Later, I found out that numerous of the BOPE personnel in this movie are real cops. The main actors were trained intensively in a boot camp.  It was a hard work, indeed.

What is it all about actually? It depends on what perspective you want to choose to see it from. For me, it gave me an understanding about how law enforcement, social, and politics are ruled in Brazil. It’s shocking to see how dark and dangerous the slum areas in Rio de Janeiro are. The drug dealers are everywhere and armed to the teeth. The policemen are totally corrupt beyond repair. Every policeman in Rio has to choose, either being corrupt or going to war. Sadly, most of them choose to be corrupt.

It also raised some respect for the bravado of BOPE (Batalhão de Operações Policiais Especiais), the Special Police Operations Battalion. They make no compromise on drugs dealer and corruption. I wish in Indonesia there were really some people like Capt. Nascimento, Neto, and Andre Matias. They put their life on the line to be on the right track.

Some of you who care enough about human rights might think these movies are portraits of police brutality in Brazil, which I completely disagree. Some people deserve brutality for what they’ve done.

As we already know, in every part of this world, when you choose to be right against all the wrong, you will dead, you’re dead, or you are soon to be dead.

Get the movies. Drop a comment here if you like it.

Advertisements

10 thoughts on “Elite Squad and Elite Squad 2

  1. Gw belom pernah denger nih film. Film2 brazil, atau Prancis, gak pernah ada yang gw tonton. hehehehe. Bukannya meng-underestimate. Pertama, terkadang kalo ada film non-hollywood yang dibilang bagus, mungkin saat itu gw denger judulnya, tapi entah kenapa nanti terlupakan begitu aja. Trus yang kedua, ketika mau beli dvd (selain udah lupa filmnya tadi) hati udah kecantol duluan sama film-film hollywood lainnya. LoL

    Kalo film tentang polisi-polisi gini, biasa yang diusung cuma action and tactical operation-nya, dan terkadang minim di hal cerita. Salah satu film polisi yang gw inget dengan taktik operasi yang bagus itu cuma SWAT. Selain tekniknya yang lumayan keren, gw juga demen ama tuh film gara2 ada Michelle Rodriguez, wakakakak. Gw suka ama dia, kalo main film selalu jadi polisi atau army. Cewek tapi sangar. hahahaha..

    Trus untuk si Elite Squad ini, yang u bilang menyinggung hal-hal politik atau sosial, mungkin emang ada point lebih dari film ini dalam hal cerita. Nanti kalo sempet cari filmnya ah (mudah2an gak lupa lagi. hahahhaha)

  2. Gw ntn dua film ini maraton loh. Sepanjang gw nonton film ini,
    gw ga merasa filmnya fokus dengan strategi. Tapi lebih ke moralitas kl gw blg by. Karena di film ini si tokoh utama juga jadi narator, narasi itu yg sangat jelas mengungkapkan sisi2 moral dari film ini.

    Kl bisa sih polisi2 dan pejabat Indonesia disuruh nonton ini juga. Pasti mereka tertohok tuh.

    Film pertama fokus ke lingkup social
    Sekuelnya lebih ke politik dan bikin berdebar-debar di bagian akhir. Hahahha

    Btw, jgn underestimate film non-Hollywood loh. Banyak dr mereka yang sangat layak tonton dibanding sekedar ntn Transformer, Pirates, dll.

    Film2 non-Hollywood yang dapet perhargaan itu biasanya menang karena dalamnya pesan yang disampaikan.

    3 Idiots uda ntn kan? Salah satu non-Hollywood movie yang layak ditonton. Gw aja waktu itu ntn bisa dikata tanpa subtitle. Wakkakakakka. Berkesan.

  3. Wah, kalo gitu lebih ke arah drama donk ya filmnya. Baguslah, jadi gak cuma jedar-jedor pistol doank. Tapi kalo bawa-bawa hal yang berbau politik, kadang gw rada males juga sih, masalahnya terlalu berat dan gw gak demen politik. hahahaha

    Iya film non-holly emang banyak yang bagus. Cuma selalu dan selalu lupa buat gw tonton. Yep, 3 idiot emang bagus, kocak juga, sekaligus menyentuh. Yang ini aja tanpa sengaja gw minjem kasetnya, bukan sengaja beli. Ada juga slumdog milionare, nah yang ini belom gw tonton nih. Kalo mau beli dvdnya lupa mulu. hahahaha

  4. I’m playing legacy challenge where I have to play it for 10 generations.

    Woooott 😯
    Kayaknya aku bakalan bosen juga di generasi kedua. Malah, ngga tau bisa selesai ngga mai di generasi pertama.. 😆

    Baru denger dua film itu, sepertinya seru. Tapi ini dapetinnya di mana ya? *siap2 donlot 😛 *

    • Main The Sims juga ya 😀
      Ya… agak boring jg sih ni sampe 10 generasi.. tapi kemarin2 masih main kok, meski ga se-intense sebelumnya. Mainnnya paling 2-3 jam aja ga setiap hr lagi. Dua hari sekali lah dibuka.

      Link downloadnya saya emaili aja ya. Hehhehe
      Bagus kok… agak mengandung violence tapi masih dalam batas normal.

      Contoh violence yg buat saya uda di luar batas normal adalah gory2 film model SAW, Hostel, dll.. itu bisa muntah saya kl ntn film gituan skrg. Ga kukuuu…. Hahahahha

  5. Mia, kalo blog kamu ini OLshop dan aku pelanggannya, pasti aku udah bikin testimonial, “Wah sist, fast response banget nih!”, hahaha.. :mrgreen:

    Emailnya udah keterima, asyik dibonusin .srt!
    Ntar pulangnya langsung donlot deh, makasih ya Mia.. 😀

  6. SAW??? OMG!!! Gw demen ama tuh film, hahahaha

    Sisi lain yang gw liat dari SAW dibanding dengan film2 brutal lainnya : banyak twist-plot cerita, terutama dari SAW 1-4. Jadi selain cuma adegan potong-memotong, banyak kejutan dari ceritanya loh.

    Sayangnya banyak orang yang udah keburu eneq duluan karna kekejaman film ini, dan gw paling susah ngeyakinin orang supaya nonton film ini, hahahaha… pada bilang jiya bajay duluan…

    • Ya krn lo org yg kejam jg sih by.

      Masih banyak film yg layak tonton tanpa bikin perut mual.

      Gw sih ga habis pikir sama orng2 yg demen film yg sadis di luar akal sehat dan berdarah2 gitu.

      Biasanya sih karena obsesi alam bawah sadarnya *siul2*

      Wahahahha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s